desararangbatas.web.id- Pemkab Lombok Timur (Lotim) terus berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Khsusunya dalam kepengurusan administrasi kependudukan. Pemkab Lotim menggandeng Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK) kemarin (18/4) menggelar kegiatan finalisasi SOP untuk progam Bikin Administrasi Kependudukan Secara Online atau disingkat BAKSO.
“Ini cita-citanya adalah bagaimana Dinas Dukcapil sebagai perwujudan dari pemerintah daerah melalui pemerintah desa bisa memberikan pelayanan cepat kepada warga. Terutama untuk persoalan administrsi kependudukan,” terang Distrik Koordinator KOMPAK Nanik Muntohiyah.
Karena selama ini disinyalir dalam pembuatan dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga, KTP hingga akta kelahiran masyarakat kerap dibebankan biaya. Hingga kemudian muncul juga persoalan dugaan Pungli, petugas mempersulit masyarakat dan masalah lainnya. Sehingga dengan adanya program BAKSO ini sebagai salah satu cara agar masyarakat yang sedang membuat Adminduk bisa lebih mudah.
“Mereka itu tidak harus datang ke Dukcapil. Tidak harus mengeluarkan biaya dan antre. Ini mendekatkan pelayanan Dukcapil ke desa,” terangnya.
Program BAKSO ini juga kerap disebut dengan istilah membuat loket-loket Dukcapil di desa. Sehingga warga yang membutuhkan pelayanan Adminduk itu cukup di desa. Mekanismenya inilah yang kemudian harus disesuaikan agar pemerintah desa bisa terintegrasi dengan Dukcapil. Dengan catatan, setiap desa yang ada di Lotim harus punya data valid warganya yang tidak punya Adminduk. Baik itu Kartu Kelauraga, akta kelahira, KTP dan sejenisnya.
Data tersebut bisa diupdate dengan beberapa cara. Yang pertama yakni Dinas Dukcapil mengirimkan data warga desa yang belum punya adminduk kepada pemerintah desa. Baru kemudian pemerintah desa melalui perangkat desa akan mem-follow up untuk verifikasi.
“Ketika data rilnya sudah ada, desa akan mengupload link-nya yang sudah tersambung dengan Dukcapil. Desa akan barter dengan Dukcapil, dimana desa menyerahkan data dan dukcapil menyerahkan dokumen adminduk itu,” paparnya.
Kaitannya denga hal tersebut, Pemerintah Desa Rarang Batas ikut ambil bagian dalam menuntaskan dan memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pengurusan administrasi kependudukan....